Faktor Pelanggaran HAM di Indonesia



 Ini  tugas pas kelas 11 
Semoga berguna



Tugas Mandiri 1.2
Faktor-faktor di atas hanya sebagian kecil saja, tentu saja masih banyak yang menjadi pemicu timbulnya pelanggaran HAM. Oleh karena itu, coba kalian cari faktor-faktor lainnya yang menyebabkan timbulnya pelanggaran HAM dengan membaca berbagai macam sumber seperti dari buku, surat kabar, majalah atau internet. Tuliskan pada tabel di bawah ini hasil temuan kalian.

A.   Faktor Internal
No
Faktor Penyebab Palanggaran HAM
Penjelasan
1.
Kurangnya iman dan taqwa
Agama adalah dasar dari penopang hidup kita, bila kita tidak beriman dan taqwa kepada Allah SWT kita tidak akan mengetahui mana yang baik dan buruk, mana hal yang dilarang oleh Allah dan mana perbuatan dosa. Jika ia memiliki iman dan taqwa otomatis ia akan berhati-hati dengan apa yang ia perbuat oleh karena itu ia akan selalu beramal baik dan tidak melakukan kejahatan karena setiap perbuatan akan ditimbang pada harikiamat nanti.

2.
Anti sosial
Sifat ini muncul karena ia tidak pandai bergaul, pemalu, kurang percaya diri, dan kurang ditanamkan sikap sosial atau karena ia tidak mengikuti banyak kegiatan sehingga hanya mempunyai sedikit teman. Akibat dari sikap ini ialah ia tidak akan mengetahui bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain, bagaimana cara melakukan hubungan baik dengan orang lain. Ia tidak mengetahui apa saja hak yang orang lain punya, ia hanya mengetahui hak-haknya maka timbulah pelanggaran HAM

3.
Kurangnya rasa tanggung jawab
Sifat ini membuat seseorang meremehkan tugas dan kewajibannya sehingga ia melakukan sesuatu sesuai dengan yang ia sukai dan ia inginkan saja, ia tidak pernah peduli terhadap hak orang lain yang menjadi suatu kewajibannya oleh karena itu timbulah sikap pelanggaran HAM

5.
Hawa nafsu
Setiap manusia pasti mempunyai hawa nafsu didalam dirinya, Tetapi jika kita tidak bisa melawan hawa nafsu yaitu godaan syaitan maka kita akan melakukan perbuatan jahat dan melanggar HAM. Banyaknya kasus asusila karna seseorang tidak bisa menahan dan melawan hawa nafsunya. Tingkatkanlah iman dan taqwa seperti penjelasan di nomor 1. Sesungguhnya hawa nafsu itu datangnya dari syaitan. Syaitan yang menggoda manusia agar ia melakukan perbuatan jahat sehinggga bisa menemaninya dineraka. Kita harus bisa melawan hawa nafsu kita dan harus selalu ingat dengan Allah, dosa, serta kematian.

6.
Depresi
Depresi disebabkan oleh kondisi dalam diri seseorang yang stress dan terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan. Biasanya depresi dialami oleh seseorang yang mempunyai banyak masalah tetapi ia tidak bisa menyelesaikan masalahnya dan dia sudah benar-benar putus asa, tidak tahu apa yang harus ia lakukan lagi oleh karena itu ia memilih melakukan kejahatan yang melanggar HAM untuk menyelesaikan masalahnya sebagai contoh seorang suami yang harus mebayar uang sekolah anaknya serta pengobatan kanker istrinya, serta membiayai hidup adik-adiknya dikampung. ia tidak memliki uang lalu ia memilih untuk mencuri bahkan menculik seseorang dan meminta uang tebusan. Oleh karena itu kita dilarang mencontohnya, hanya kepada Allah lah kita memohon pertolongan, Allah tidak akan menguji makhluknya diatas kemampuan kita.

7.
Psikopat
Sifat ini datang pada diri seseorang yang depresi dan stress, orang ini mengalami sifat kelainan ini karena banyak faktor contohnya faktor keluarga, lingkungan dan sekolah. Sebagai contoh seorang pemuda yang suka membunuh orang hanya karena masalah kecil saja, sifat ini memang sangat menyeramkan bila terdapat di diri seseorang.

8.
Balas dendam
Sifat ini merupakan sifat buruk yang tidak boleh ada didalam diri kita, kita harus saling memaafkan apalagi sesama Muslim, tetapi banyak orang yang memiliki sifat pendendamm sifat itu muncul karena ia pernah disakiti dan benar-benar merasa sakit hati tetapi ia hanya memendamnya karena ia tidak bisa membalasnya pada saat ia disakiti maka munculah pelanggaran HAM. Contohnya seperti di film “EKSKUL” pada tahun 2006, seorang anak yang dibully oleh teman-teman dan kakak kelasnya setiap hari lalu ia menyandra kakak kelas dan teman-temannya selama seminggu diruang kepala sekolah dan menembakinya, film ini diambil dari kisah nyata. contoh lainnya kasus
B.   Faktor Eksternal
No
Faktor Penyebab Palanggaran HAM
Penjelasan
1.
Pembagian kekuasaan tidak berimbang
Di negara yang menganut sistem presidensial, Kewenangan membentuk undang-undang yang menjadi domain DPR untuk mendapat persetujuan bersama Presiden sebagai langkah penjabaran lebih jauh dari kesepakatan untuk memperkuat sistem presidensial justeru mengandung makna bahwa yang ada bukanlah pemisahan kekuasaan namun tercipta pembagian kekuasaan khususnya dalam pembentukan undang-undang. Tetapi pembagian kekuasaan haruslah seimbang. Jika tidak, akan ada pejabat yang merasa ialah rajanya dan akan bertindak sesuka hatinya tanpa mementingkan dan memikirkan hak-hak masyarakat sehingga timbulah pekanggaran HAM.

2.
Kesenjangan Ekonomi
Di Indonesia, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Kebanyakan orang kaya tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah mereka dapatkan sedangkan orang yang kurang mampu hanya bisa pasrah saja  karena mereka tidak memiliki keterampilan dan kemampuan seperti orang-orang kaya yang mempunyai usaha serta kemauan yang besar. Kemikemiskinan memungkinkan seseorang melakukan pelanggaran HAM. Contohnya kasus penculikan, pencurian dengan kekerasan, penyandraan, penjualan oragan tubuh manusia dengan mengharuskan membunuh orang dulu, itu dilakukan untuk menghasilkan uang karena mereka tidak bisa mendapatkan uang dengan cara yang halal.

3.
 Pandangan HAM bersifat individulistik
mengancam kepentingan umum (dikhotomi antara ndividualism dan kolektivisme)

4.
Pemahaman belum merata tentang HAM
Pemahaman belum merata baik dikalangan sipil maupun militer membuat perbedaan konsep tentang apa itu HAM yang sebenarnya sehingga masih terjadi banyak pelanggaran HAM.

5.
belum adanya kesepahaman antara paham universalisme dengan paham pertikularisme
belum adanya kesepahaman pada tataran konsep hak asasi manusia antara paham yang memandang HAM bersifat universal (universalisme) dan paham yang memandang setiap bangsa memiliki paham HAM tersendiri berbeda dengan bangsa yang lain terutama dalam pelaksanaannya (partikularisme)

6.
Masih kuatnya budaya feodal dan paternalistik
Feodal atau paternalistik berarti sifat untuk menguasai sesuatu secara sepenuhnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak orang yang tidak pernah merasa puas oleh karena itu ia egois dan mengabaikan hak orang lain

7.
Masyarakat yang belum berdaya
Masyarakat tidak dapat melakukan apa-apa dihadapan hukum karena hukum di Indonesia dapat dibeli dengan uang. Seperti contoh kasus seorang wanita yang pingsan lalu diperkosa bergiliran oleh petugas tranjakarta di halte transjakarta, ketika dipengadilan, para petugas transjakarta berbohong, membuat cerita sendiri bahwa wanita itu pacar dari petugas transjakarta dan mereka sama-sama suka dan jaksa memihak kepada para petugas transjakarta tersebut dan menyalahkan wanita yang jadi korban. Jaksa berkata bahwa wanita itu memancing para petugas dan pura-pura pingsan.







Comments

Popular posts from this blog

Kain Songket

Cerita Tentang Kacamata

Apa itu Jurnalisme Investigasi?