Proses Penyelenggaraan Pemerintahan
Sebenernya ini PR PKN gue pas kelas 11. PR dibuku cetak deh pokoknya. Lupa penerbitnya siapa. kayanya Yudhistira. Semoga berguna ya guys buat kalian yang masih di bangku SMA. semangat! :3
I. Tugas Mandiri 4.1
Uraikanlah dalam satu paragraf mengenai pentingnya kekuasaan Negara!
Kekuasaan dapat
diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar
melakukan tindakan-tindakan yang dikehendaki atau diperintahkannya. Sedangkan kekuasaan
negara merupakan kewenangan negara untuk mengatur seluruh rakyatnya untuk mencapai
keadilan, kemakmuran dan keteraturan. kekuasaan negara dipegang oleh
pemerintah. jadi pentingnya kekuasaan negara yaitu untuk mengatur seluruh
rakyat, untuk mencapai kadilan, kemakmuran serta keteraturan rakyat, untuk
mencapai cita-cita dan tujuan negara, untuk menjaga keutuhan wilayah negara. Di
Indonesia, kekuasaan negara dibagi menjadi 3 macam kekuasaan yaitu kekuasaan
legislatif untuk membuat dan membentuk Undang-Undang (UU), eksekutif untuk
melaksanakan UU dan mengadili setiap pelanggaran terhadap UU, dan federatif
untuk melaksanakan hubungan luar negeri. Jadi jika tidak ada kekuasaan itu,
tidak akan ada yang membuat dan menjalankan UU serta tidak akan ada hubungan
dengan luar negeri. Maka dari itu kekuasaan negara sangat penting.
II. Tugas Mandiri 4.2
Coba kalian cari informasi dari buku sejarah
atau internet mengenai nama – nama kabinet
dari mulai presiden pertama sampai dengan presiden
saat ini. Tulislah informasi yang kalian temukan pada tabel di bawah ini!
Presiden Ke-
|
Nama Presiden
|
Nama Kabinet
|
1.
|
Ir. Soekarno
|
1. Kabinet Presidensial
2. Kabinet Kerja I
3. Kabinet Kerja II
4. Kabinet Kerja III
5. Kabinet Kerja IV
6. Kabinet Dwikora I
7. Kabinet Dwikora II
8. Kabinet Dwikora III
9. Kabinet Ampera I
|
2.
|
Jend. Soeharto
|
1. Kabinet Ampera II
2. Kabinet Pembangunan I
3. Kabinet Pembangunan II
4. Kabinet Pembangunan III
5. Kabinet Pembangunan IV
6. Kabinet Pembangunan V
7. Kabinet Pembangunan VI
8. Kabinet Pembanguan VII
|
3.
|
BJ. Habibie
|
Kabinet Reformasi Pembangunan
|
4.
|
KH. Abdurrahman Wahid
|
Kabinet Persatuan Nasional
|
5.
|
Megawati Soekarnoputri
|
Kabinet Gotong Royong
|
6.
|
Susilo Bambang Yudhoyono
|
Kabinet Indonesia Bersatu
|
7.
|
Ir. Joko Widodo
|
Kabinet Kerja
|
III. Tugas Mandiri 4.3
Kelompokkanlah kementerian negara Indonesia berdasarkan lingkup tugasnya dalam tabel di bawah ini!
No
|
Lingkup Tugas
|
Nama Kementerian
|
1
|
Bidang Politik, Hukum dan Keamanan
|
Kementerian dalam negeri, kementerian luar negeri, kementerian
pertahanan, kementerian perhubungan, kementerian kelautan
dan perikanan, kementerian hukum dan HAM, kementerian komunikasi dan
informatika.
|
2
|
Bidang Perekonomian
|
Kementerian perdagangan, kementerian keuangan, kementerian perindustrian, kementerian tenaga kerja dan transmigrasi, kementerian SDM dan SDA
|
3
|
Bidang Kesejahteraan Rakyat
|
Kementerian kesehatan, Kementerian
sosial, Kementerian pendidikan dan kebudayaan
|
IV. Tugas Mandiri 4.4
Dalam penyelenggaraan pemerintahan di negara
kesatuan dikenal beberapa asas, yaitu sentralisasi,
desentralisasi, dan dekosentrasi. Tuliskan pengerian ketiga asas tersebut dalam tabel
dibawah ini!
No
|
Nama Asas
|
Pengertian
|
1
|
Sentralisasi
|
Pengaturan kewenangan dari pemerintah daerah kepada pemerintahan
pusat untuk mengurusi urusan rumah tangganya sendiri bedasarkan prakarsa dan
aspirasi dari rakyatnya dalam kerangakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
|
2
|
Desentralisasi
|
Penyerahan wewenang pemerintahan oeh
pemerintah kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan
pemerintahan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.
|
3
|
Dekosentrasi
|
Pelimpahan wewenang pemerintahan oleh
pemerintah kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah dan atau kepada instansi
vertical di wilayah tertentu.
|
V. Refleksi
Setelah
kalian mempelajari proses penyelenggaraan pemerintahan negara kita, kalian
semakin memahami bahwa sikap positif warga negara terhadap proses
penyelenggaraan pemerintahan yang sedang dijalankan mutlak diperlukan. Sikap
positif yang dapat diwujudkan mulai dari lingkungan yang paling kecil, yaitu
lingkungan keluarga. Coba kalian renungkan bentuk sikap positif yang dapat
kalian tampilkan di berbagai lingkungan kehidupan!
No.
|
Bentuk Sikap
Positif Terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia
|
||
Di Lingkungan
Keluarga
|
Di Lingkungan Sekolah
|
Di Lingkungan
Masyarakat
|
|
1
|
Menghormati dan menghargai ayah sebagai
kepala keluarga
|
Menghormati dan menghargai kepala sekolah
serta guru-guru dan karyawan sekolah
|
Menghormati pemegang kekuasaan di masyarakat seperti kepala desa, ketua RT dan orang
yang dituakan di suatu kampung.
|
2
|
Menuruti perintah orang tua
|
Mematuhi tata tertib sekolah
|
Berperan aktif di dalam lingkungan rumah
kita, tidak anti sosial tapi ikut membantu jika ada suatu kegiatan.
|
3.
|
Patuh terhadap perkataan orang tua
|
Menuruti perintah guru
|
Melaksanakan kewajiban yang kita bisa
sesuai dengan bidangnya
|
4.
|
Tidak melanggar aturan yang telah
ditetapkan oleh orang tua
|
Mengikuti organisasi sekolah yang legal
seperti OSIS, PK, ROHIS atau ROKRIS
|
Bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.
|
5.
|
Tidak melawan orang tua
|
Melaksanakan dan menjalankan tugas dalam
organisasi tersebut sesuai dengan bidangnya
dengan baik
|
Menyampaikan ide atau aspirasi kepada
badan penampung aspirasi rakyat
|
6.
|
Menyatakan pendapat atau berargumen dengan
baik dan sopan bila memiliki pendapat yang bertentangan dengan orang tua.
|
Menjaga dan membawa nama baik sekolah
|
Turut serta dalam pemilu sehingga dapat
terpilih penguasa negara sesuai keputusan rakyat
|
7.
|
Menerima sanksi atau hukuman dengan lapang
dada jika melanggar aturan
|
Membuat program atau kegiatan yang baru
yang belum pernah diadakan di sekolah
|
Bersikap lapang dada terhadap presiden baru
yang terpilih yaitu Ir. Joko widodo.
|
8.
|
Menjaga nama baik keluarga
|
Melanjutkan program kerja OSIS seperti HSC
pada SMAN 34 Jakarta
|
Menghargai dan menghormati para penguasa
negara tidak meremehkan, mengolok-olok serta mencaci-maki.
|
9.
|
Tidak merubah dan merusak aturan yang ada
dalam keluarga
|
Menerima sanksi atau hukuman jika melanggar
aturan sekolah
|
Mengikuti program pemerintah dengan baik.
|
10.
|
Melaksanakan kewajiban disekolah dengan
baik sebagai murid
|
Mengikuti dan menaati aturan-aturan
dinegara ini yang tercantum dalam UUD 1945
|
|
11.
|
Menghargai ketua Organisasi serta setiap
Ketua dan wakilnya harus menjalankan tugas dengan baik ataupun kita yang ikut
serta mencalonkan diri
|
Mendoakan
agar pemerintah Indonesia dapat mengubah Indonesia menjadi lebih baik lagi.
|
|
12.
|
Turut berperan aktif di dalam kelas seperti
menjadi ketua kelas, sekretaris atau bendahara dan menjalankan tugas dengan
baik.
|
Kita sebagai rakyat biasa tidak boleh hanya
mengeluh saja terhadap yang pemerintah lakukan seperti ketika banjir, rakyat
menuntut pemerintah agar dapat menanggulanginya tetapi kita sendiri masih
membuang sampang sembarangan, dikali dll. Serta masih banyak warga yang
membangun rumah dibantaran sungai, ketika digusur mereka malah marah-marah
dan demo kepada aparat negara oleh karena itu kita sendiri pun harus membantu
pemerintah melaksanakan programnya demi kemajuan dan kesuksesan negara
ini.
|
VI. Penilaian Diri
Penyelenggaraan
pemerintahan negara baik di tingkat pusat maupun daerah, tidak akan efektif
apabila tidak didukung oleh seluruh rakyat Indonesia. Kalian sebagai rakyat
Indonesia juga mempunyai kewajiban mendukung setiap penyelenggaraan
pemerintahan di negara kita, salah satunya adalah dengan mengetahui dan
memahami tugas dan kewenangan pemerintah.
Berikut ini terdapat beberapa indicator
perilaku yang mencerminkan salah satu bentuk dukungan terhadap pemerintah.
Bubuhkanlah tanda ceklis () pada kolom ya atau tidak sesuai dengan
kenyataan serta jangan lupa berikan alasannya.
No
|
Contoh
Indikator Pemahaman Terhadap Penyelenggaraan Pemerintah
|
Ya
|
Tidak
|
Alasan
|
1
|
Mengetahui nama – nama lembaga tinggi nagara
yang ada di Indonesia
|
--
|
Sudah tahu karena sudah dipelajari dari SD
dan ada dibuku
|
|
2
|
Memahami tugas dan fungsi dari setiap
lembaga tinggi Negara
|
--
|
Sudah tahu karena sudah dipelajari dari SD
dan sudah ada dibuku walaupun tidak hafal
|
|
3
|
Mengetahui nama – nama pimpinan / ketua lembaga – lembaga tinggi
negara selain lembaga kepresidenan
|
--
|
Tidak tahu dan hafal semua, hanya beberapa
saja
|
|
4
|
Mengenal nama – nama Kementerian Negara
Republik Indonesia
|
--
|
Tahu karena saya pribadi senang sekali
ketika Bapak Ir. Jokowidodo terpilih menjadi presiden RI jadi saya mengikuti
informasinya dari tv ketika pemilihan menteri-menteri kabinet kerja yang
disebutkan nama kementrian dan menterinya walaupun tidak hafal semua
|
|
5.
|
Mengetahui nama – nama menteri yang memimpin
kementerian negara
|
--
|
Tahu karena saya pribadi senang sekali
ketika Bapak Ir. Jokowidodo terpilih menjadi presiden RI jadi saya mengikuti
informasinya dari tv ketika pemilihan menteri-menteri kabinet kerja yang
disebutkan nama kementrian dan menterinya.
|
|
6.
|
Memahami tugas dan fungsi setiap kementerian
negara
|
--
|
Tahu karena penjelasan tugas dan fungsinya
ada diinternet walaupun saya tidak hafal secara rinci tetapi tahu fungsi dan
tugasnya secara keseluruhan karena dari nama kementriannya saja sudah
menunjukkan sesuatu yang akan diurus tinggal dikembangkan saja.
|
|
7.
|
Mengetahui perbedaan kewenangan pemerintah
daerah
|
--
|
Tahu karena sudah pernah dipelajari dari SD
dan dari namanya saja berbeda antara pusat dan daerah oleh karena itu kita
dapat memilah-milah mana yang kewenangan pusat dan mana yang daerah
|
|
8.
|
Mengenal batas – batas wilayah provinsi dan kabupaten / kota
tempat kalian tinggal
|
Saya telah mengenai batas – batas wilayah yang berada di wilayah
tempat tinggal
|
||
9.
|
Mengetahui peraturan daerah yang
diberlakukan di daerah tempat kalian tinggal
|
--
|
Tahu karena saya dari kecil sudah tinggal
di Jakarta, orang tua saya pun lahir dijakarta walaupun ayah saya bukan orang
Jakarta. Jadi saya mengetahui peraturan di daerah tempat saya tinggal karena
orang tua saya juga telah memberitahukannya.
|
|
10.
|
Mengetahui nama – nama lembaga daerah yang
ada di provinsi dan kabupaten / kota tempat kalian tinggal
|
--
|
Saya kurang mengetahui nama-nama lembaga di
DKI Jakarta
|
|
11.
|
Mengetahui nama gubernur / wakil gubernur
dan bupati / wakil bupati atau walikota / wakil walikota
|
--
|
Saya tahu nama gubernur di DKI Jakarta
walaupun Bapak Jokowi sudah menjadi Presiden RI dan Pak Ahok yang akan
menggantikan. Tetapi belum ada wakil yang fix menjadi wakil gubernur DKI
Jakarta.
|
|
12.
|
Mengetahui hari ulang tahun kabupaten / kota
tempat kamu tinggal
|
--
|
Saya juga mengetahui hari ulang tahun provinsi DKI Jakarta yaitu pada tanggal 22 Juni.
|
|
13.
|
Berpartisipasi dalam rangka kegiatan kerja
bakti
|
--
|
Saya hanya pernah 2 x mengikuti kerja bakti
yaitu menyapu jalanan disekitar rumah saya serta ikut memilah-milah sampah
karena yang biasanya bekerja hanya bapak-bapaknya saja.
|
|
14.
|
Membayar retribusi parkir
|
--
|
Saya selalu membayar parkir karena itu
sudah menjadi kebiasaan dan sesuatu yang harus dilakukan.
|
|
15.
|
Mengkritisi setiap kebijakan pemerintah baik
pusat atau daerah
|
--
|
Jujur saja sampai saat ini saya belum
pernah mengkritik pemerintah dan menyampaikannya ke dalam media apapun.
|
VII. Praktik Belajar Kewarganegaraan
Setelah membaca berita
diatas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Menurut kalian
bolehkah suatu lembaga negara dalam hal ini kementrian negara dievaluasi atau
dinilai kinerjanya oleh lembaga lain yang mewakili masyarakat? Berikan
alasanmu!
Ø Boleh karena rakyat harus
berperan aktif dalam pemerintahan sesuai dengan asas demokrasi yaitu
pemerintahan ada ditangan rakyat. walaupun tidak meemegang kekuasaan negara
seperti pejabat negara yang lain tetapi dapat menyalurkan aspirasinya, idenya
dan krikannya ke dalam lembaga penampung aspirasi rakyat seperti ke DPR atau
DPRD agar dapat membuat para menteri menjalankan tugas lebih baik lagi dan
tidak melakukan sebuah kesalahan sehingga tercapainya cita-cita bangsa,
sejahteranya rakyat dan keadilan di seluruh rakyat Indonesia.
2. Apa saja manfaat dari
dilakukannya penilaian terhadap kinerja kementrian negara?
Ø Agar kementerian RI dapat
menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya, tidak menyeleweng dan terus menjadi
yang lebih baik lagi dalam arti dapat membuat suatu program yang
mensejahterakan rakyat sehingga tercapai cita-cita bangsa dan dapat membawa
nama baik bangsa, dapat lebih memperhatikan rakyat kecil dan tidak terfokus
kepada yang dipusat saja tetapi memperhatikan daerah-daerah terpelosok. Agar
para menteri tidak terlena dengan statusnya saja tetapi dapat melaksanakan
tugas sesuai amanat dan fungsinya masing-masing yang sudah tercantum dalam UU.
3. Faktor apa saja yang
menyebabkan suatu kementrian negara berkinerja kurang memuaskan?
Ø Faktornya bisa dari
faktor internal yaitu faktor dari dirinya sendiri yang mungkin belum adanya
semangat tinggi dalam menjalankan tugas dengan baik
Ø Serta belum adanya rasa
nasionalisme yang sangat tinggi sehingga ia tidak terlalu fokus dan
memperhatikan kinerjanya. Padahal jika ia melaksanakan kerjanya dengan baik itu
sangat membantu seluruh rakyat Indonesia
Ø Belum adanya rasa
tanggung jawab kepada diri sendiri, rakyat serta tanggung jawab kepada Tuhan
YME. Ia telah menjadi menteri harusnya bersyukur dan mengungkapkan rasa
syukurnya dengan menjalankan kewajiban dan amanah dengan baik
Ø Faktor dari keluarga,
mungkin anak-anak dan istrinya dirumah sering memintanya untuk liburan keluarga
sehingga pekerjaan negara tidak diutamakan dan lebih mementingkan keluarga
bukan rakyat.
Ø Terlena dan lupa diri
karena sudah menjabat menjadi menteri. Lupa akan kewajiban yang harus ia
laksanakan karena sudah mendapat apa yang ia mau.
Ø Faktor dari teman dan
dunia luar lainnya juga mempengaruhi seperti adanya bisikan-bisikan buruk yang
ingin menjatuhkannya sehingga kinerjanya kurang bagus dan ingin agar ia turun
jabatan.
Ø Kurangnya iman dan taqwa
terhadap Tuhan YME. Jika ia bertaqwa maka kinerjanya akan baik karena ia merasa
Tuhan selalu mengawasi apa yang ia lakukan.
4. Menurut kalian
apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja dari setiap kementrian
negara?
Ø Menurut saya yang harus
dilakukan ialah dapat memberikan kritikan dan evaluasi untuk kementerian RI
walaupun saya belum bisa melakukannya.
Ø Meningkatkan fungsi
pengawasan kepada kementerian RI agar kerja mereka terawasi dan mereka bekerja
sesuai dengan tugasnya
Ø Menegaskan tugas-tugas
yang harus dilaksanakan agar tidak ada tugas yang terabaikan
Ø Menyampaikan kritikan,
saran serta evaluasi kepada DPR atau bisa dengan mengikuti acara-acara di
televisi yang membicarakan tentang kinerja suatu kementrian yang sifatnya
membangun bukan menjatuhkan
Comments
Post a Comment