The Story Behind: Menjadi Juara 1😂 (Hari Pertama Pelatihan Udah Nangis😂) #FullOfDrama

(sebelumnya mohon maaf, tidak ada maksud untuk menyombongkan diri sama sekali di judul tulisan ini. sekali lagi mohon maaf karena ini pure curahan hati seorang mahasiswi otw semester 5 yang emang hobi curhat dari SD) hehe
oke
Jadi gini


Alhamdulillah

Terima kasih kepada Allah SWT pastinya karna semuanya ini atas izin-Nya, makasih mama, papa yang udah doain hehe. Makasih Syifa yg udah ngeyakinin aku buat ikut pelatihannya, makasih makasih Sausan udah pinjemin hpnya selama 3 hari pelatihan (iya hp gue baru ilang seminggu setelah lebaran jadinya gue gak ada hp deh:( huhu), makasih senat kampus dan Pak Hans yang sudah memberikan kesempatan untuk saya mengikuti pelatihan tsb, makasih Sylmi A.k.a Mimi udah jadi partner terbaiq selama 3 hari. Udah jadi temen sekamar terbaiq.

Makasih Pak Imam dan Bu Melly yang sudah memotivasi saya agar mendapatkan juara:’) soalnya jujur, malu kalo kalah, makasih juga mba yana, Pak Suradi suaminya Ibu Ning atas sharing-sharingnya yang sangat berharga untuk saya, makasih BAAK kampus yang udah ngurusin surat izinnya, makasih supir indosiar yg udah nganterin dan jemput. Makasih teman-teman twitter yang sudah mendoakan diri Q karna beberapa jam sebelum berangkat ku ngetweet dulu dan juga teman2 di 2nd acc ig ku. Dan dari semuanya, MAKASIH KANG HARYAT. MAKASIH BANGET. A’Haryat ini narasumber gue.


MAKASIH GRAB INDONESIA. Makasih bapak2 driver grab yang sebelumnya ngecancel gue, karna di cancel jadinya gue dapetnya sama Haryat deh. Sumpah ya gue berasa ketemu jodoh banget sih. Pars. Gua bodo amat dah sksd kek apa kek (emang anaknya gampang sksd HAHA) yaudah emang tujuan gua buat dapet info. Jadi awalnya tuh jam 9 udah di lepas ya bebas mau kemana aja, liput apa aja. nah gua jam 10 masih di kamar cuyy, setengah 11 tuh gua baru dapet grab. Gua udah panik nih jam 10-an kirain tinggal gua doang yang belum pergi ngeliput, ee ternyata di pintu masuk masih banyak yang duduk-duduk cantik nunggu grab. Ntah itu grab car atau grab bike.

Makasih internet, makasih buat siapapun yang buat artikel soal apapun yang hitz di puncak, tempat wisata di puncak baik itu yang terkenal maupun yang tersembunyi atau pun tentang oleh-oleh khas puncak dan hal-hal menarik lainnya soal puncak, karna apa? Karna gue ga akan angkat itu. Gue bener2 mikir, apa ya yang harus gue angkat, apa ya yang orang-orang belum tau tapi mereka harus tau, apa ya yang mengeducate, yang bermanfaat untuk pembaca, punya news value yang tinggi tapi masih bisa gue kemas dalam bentuk features bukan hard news. Apa ya apa ya apa ya, sampe pada akhirnya, gue dilema diantara mau angkat “villa atau vila”, PSK Puncaknya, Kampung Arabnya, atau ojeknya. Dan boom!


Gue angkat Tukang Ojeknya. Mungkin orang-orang kira Cuma ojek yang nganterin atau jemput para si kupu-kupu malamnya, tapi nooo. Mereka adalah biongnya cuy. Biong itu artinya calo, dalam bahasa arab. Kalo di Jakarta kita bisa bilang mami-nya. Makasih papa yang udah beliin kuota internet yang super cepet HAHAHA udah beliin laptop yang gak pernah lemot ini karna kayanya kalo bukan alat-alat penunjang ini gue bisa stress sendiri kali ya. Ga bisa kebayang kalo tiba-tiba lagi ngetik terus ngehang, ga kesave dan ulang lagi? Mati gwa. Asli. Hahaha.


Makasih juga Mbak Olive dan mas Ponco. Makasiiiih :’) makasih mimi temen sekamar yang tetep ngeyakinin gua karna dia tau gimana downnya gue pas gue cerita ke dia “mi masa katanya bu ini (nama di sensor guys) gue ga bisa angkat isu itu karna data gue kurang lengkap, gue kurang ini itu blalabla” dan kata mimi “ya gimana lagi fa, lu udah yakin sama apa yang lu mau tulis itu kan?” “dan gue jawab “iya mi. gua bener2 Cuma liput itu doang seharian” itu udah mau jam 3 dan gue masih di ruang makan sama mimi sama raka, gua belum ngetik sm sekali, blm dengerin rekamannya narsum gue itu. Panik sejadi-jadinya. Sampe 1.5 jam cuy rekamannya. Belum lagi catetan gue yang super banyak. Berantakan pula tulisannya, berlembar-lembar. Puyeng dah intinya. Gua stress sendiri kalo dengerin rekamannya lagi atau baca-baca lagi.

Dan akhirnya. Gue ke kamarlah dan mulai nulis. Asli. Udah setengah jam tapi gue masih 1 paragraf. Sampe pada akhirnya udah tinggal setengah jam lagi tapi gue BELUM KELAR. Gue sempet pengen nyerah di situ. Tapi gue balik lagi “anjir masa gue nyerah si. Nama kampus ada di tangan gue. Tahun lalu menang dan lu pengen nyerah gitu aja?” soalnya gue tuh kalo buat sesuatu lama bgt, karna gue bener-bener memperhatikan tiap kata yang gue tulis, tanda bacanya, imbuhannya, susunan katanya, keefektifan kalimatnya. Karna menurut gue itu penting sih dan mungkin akan di nilai juga. Tapi emang guenya aja sih yang ingin mengaplikasikan apa yang gue pelajari selama SMA aja sih. Lebih tepatnya selama INTEN. SELAMA KONSUL-KONSUL GUA DI INTEN, PROGRES-PROGRES GUA. Gak lulusnya gua di PTN. MASA GUA BELAJAR DARI PAGI SAMPE MALEM, PERNAH SAMPE JAM 11 MALEM tapi ga ada ilmu yang gua bisa aplikasikan selama gue hidup sihh??? kan gue gak mau. Masa orang tua gue udah keluar uang 12juta cuma buat les di inten (DAN GUA NYA GA DAPET PTN) terus, udah gitu. bener2 ga dapet apa2 gitu gua dari inten? kan gak mau.

 At least gua bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu gua ya dengan kaya gini, selain itu juga di tugas-tugas kuliah gue. Makasih kak SF, kak SO. Guru-guru B.Indo terbaik, yang bener-bener ngebuat gue sadar tiap gue salah ngerjain soal ‘ohh demi apa sihh, demi apa sihh” yee, semuanya aja demi apa. Tapi emang sih. Bahasa Indonesia itu sulit cuy. Asli. Pertama kali TO di Inten, gua ga akan lupain sih itu suatu achievement buat gue cuy.  Gue jawab 10 dari 15 soal B.indo dan gua bener 8 salah 2 cuyy #bangga. Wkwkwkwk yaudahlah ya lupakan. Toh ujung2nya GUA GA DAPET PTN JUGA HE KARNA MTK GUA ANCUR K BYE.

Oke balik lagi ke cerita gua selama pelatihan sekaligus lomba di Hotel Seruni, Puncak itu. Di situ sebenernya gue yakin sih, ga akan ada yang angkat tema yang sama kaya gue. Karna ketebak banget orang-orang pada kemana dan angkat apa, banyak yang ke Masjid Ataáwun, banyak yang ke kebun teh atau ke tempat wisata lainnya. Kenapa gue bisa tau? Karna pas itu partner gue ngajakin bareng buat ke masjid Ataáwun.

Tapi gue sakit perut pas itu asli. Tiba2 banget gua sakit perut coyy dan gua juga blm tau kan mau angkat apa masa gua langsung caw sih. Enakan juga di kamar dulu pikirin baik2, tenang. Nah terus selain itu, ada yang pc gua nanyain, gue udah berangkat apa belum terus dia nyuruh gua ke Ataáwun, pas itu gua bilang aja "nanti" karna gua masih bingung apa yang mau gua angkat di situ. Gua masih searching2. PADAHAL KARNA GUA MULES JUGA. sumpah. ya Allah. emang ya. ini semua skenario Allah SWT. kalo gua ga mules. udah caw gua ke Ata'awun. (eh ga juga sih. soalnya gua ga mau bertindak bodoh. main berangkat aja tapi ga tau mau nulis apa. nulis tapi yang mainstream. nooo. tujuan gue 1. Jadi juara. anjas #niat)

Dan pas gua ke luar kamar, Banyak yang lagi nunggu grab car dan tujuan dia ke sana juga. Makin mager lah gua. Dan gua makin yakin sama apa yang mau gua angkat yaitu tentang PSK. Keren bgt kalo gue bisa wawancara si PSKnya, penjaga villanya. Nah pas itu gua labil lagi mau angkat tukang ojeknya apa engga karna pas itu tukang ojeknya tuh masih bayangan banget. Gue gatau gimana caranya dapetin mereka, kalo tukang villa kan gampang atau PSKnya gua kaya positive thinking aja pasti bener nih yang kata di internet. Mereka siangnya jualan-jualan oleh-oleh. gue udah yakin dah gua pasti bisa wawancara PSK-nya atau penjaga villanya. caranya gimana tuh Rif? ya pokoknya bisa lah. keteemu aja dulu. pdkt aja dulu kalo udah nyaman pasti dia akan terbuka kok sama kita #anjass) (emang anaknya pede banget. ngegampangin bgt #gaya) (gapapa guys kita harus selalu berfikir positive. karna nanti itu semua akan menjadi kenyataan) #RifaRiana

Nah oke guys jadiii kebetulan bgt tuh abang grab gue, tadinya ojek PSK! wow! alhamdulillah banget gak sih. gak sia-sia solat duha dulu sebelum berangkat. ga sia-sia doa lama-lama pas solat (ini ga maksud nyombongin diri biar di kata alim sumpah) (cuma mau ngasih gau aja kalau kita minta sesuatu ke Allah, Allah pasti kasih. passssti di kasih. asalkan kitanya juga bersungguh-sungguh. Allah tau apa yang ada di dalamhati setiap manusia.sedalam-dalamnya)

 Duh maaf bukannya sok menggurui. gue sendiri anaknya tuh caper sama yg di atas. tapi caper kalo ada maunya doang. Jangan di tiru ya guys. kalian harus rajin ibadah kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun. jangan pas ada maunya aja. lagi sakit atau lagi sulit baru aja nangis2 ke yang di atas. hehe gue gitu sih. kalo lagi happy yaa solatnya biasa aja ga lama-lama banget. tapi kalo lagi ada masalah behhhh. jangan di tasnya. caper bgt gua sama yg di atas. 

oke guys kembali lagi ke cerita gue tadi yg mau wawancara narsum gue alias tukang ojek yang gue naikin. Awalnya dia ga mau cerita. Dia bener-bener gam au cerita apa-apa gengs. Gua udah pancing2 padahal, dia kaya takut gitu padahal itu kan di jalan, orang-orang sekitar ga akan denger. Sampe pada akhirnya  gue ke kebun the. Sebenernya tujuan di grab gue masjid ataáwun sih, tapi gue pengen aja ke kebun teh hehehe, kayanya ada yang bisa gue angkat, soalnya sepanjang jalan abang grabnya alias haryat gam au nurunin gua ke tukang vila atau nyari PSK gitu katanya susah, mereka ga akan mau ditanya-tanya. Tapi gua tetep kekeuh gua yakin aja. Gua bisa wawancara mereka. Nah tapi si a’haryat ini tetep jalan aja, katanya nanti dia certain di kebun teh.

Nah gua tuh masuk kebun the gratis. Katanya kalo untuk plat nomor F ga bayar, asal yang diboncengin ga pake helm. Wkwkw gua ga ngerti apa korelasinya. Jujur gua agak panik tuh pas motornya agak jauh dari pintu masuk, gua sempet takut dan udah mikir yang macem-macem. Gua bilang aja “mas jangan jauh-jauh dari pintu masuk, yang rame aja yang banyak orang” iya gua manggil dia mas. Wkkwwk kebiasaan soalnya. Manggil dosen-dosen juga mas kan keseringan.


Nah. Yaudah tuh awalnya kaya di parkiran motor gitu tapi gatau mau duduk dimana, di situ banyak tuh ketemu temen-temen gua yang ikut pelatihan juga. Ada yang udah kelar moto, ada yang masih clingak-clinguk bingung mau angkat apa hahaha padahal ada salah satu peserta yang dia, udah kelar dongg. Sumpah dia bilang di group. Sampe-sampe pas gua udah kelar wawancara, ada beberapa anak yang kayanya mereka masih bingung mau angkat apa, kasian☹ pas gue wawancara aja ada temen gue juga yang lewat gitu naik motor, iya semuanya gua bilang temen. Karna gua lupa namanya☹ gua pelupa asli. HAHAHA. Tapi gua akan terus inget hal-hal yang seru sih. Banyak kenangan2 gua pas SD yang masih gua inget kok.

Oke balik lagi.. nah awalnya gua tanya2 dulu tuhh yg general soal isu puncak sebagai surge maksiat, banyak psk, dan tentang kampung arab sampe akhirnya mengerucut tentang Biong-nya aja alias tukang ojeknya. Pokoknya gua sempet minta anterin ke temennya yang mantan psk atau yang sekarang masih deh, sama minta anterin ke tukang vilanya. Tapi haryatnya mager kayanya alias males gerak. Karna gua butuh 2 narasumber seengganya ga Cuma satu. Sesuai yang gue pelajarin selama di kelas sih gitu. Gua ga bisa Cuma ambil dari 1 sudut pandang aja, dari 1 pihak aja. Gua harus dapet kesaksian dari banyak pihak.

Nah tapi dia bener2 ga mauu, sampe akhirnya gua korek-korek lagi tuh. Bawel bgt deh gue asli. Awalnya gua pura2 rekam omongannya. PURA2 SUMPAH MAAF YA HARYAT GUA ACTING SOK-SOKAN MATIIN HP PADAHAL GUA REKAM SUARA LU. Karna awalnya gua kira dia ga mau di rekam alias off the record. Sumpah ini jangan di tiru guys. Sampe pada akhirnya udah 1 jam kali gua ngobrol sm dia apa 1.5 jam gitu, dia minta di rekam aja dong, dan dia minta dirinya sebagai narasumber. Wah gila! Mimpi ap ague semalem? (semalem gue ga bisa tidur guys. Sumpah tanya mimi. Tidur sih tapi tidur ayam gitu. Orang pas mimi colek gue aja bangunin, gua teriak dong kenceng bgt. Gua kaget, ketakutan, karna gua masih setengah sadar gitu)


Pokoknya banyak banget info yang gue dapetin dari haryat. dari sepanjang jalan mau ke kebun teh sampe balik lagi tuh gue masih nanya2 ke diaa. Dan ya kalo yg di jalan gue ga sempet nyatet atau rekam doang. Gue simpen aja di otak gue. Untung ni otak ga overload. Pas otw, sebenernya berenti dulu dipinggir jalan. Karna gue sempet kepo sama talas bogor. Gue kaya jaga2 aja kalo ga dapet yg pask, gue mau angkat itu tapi, ah kayanya ga menarik2 amat ga wow- wow amat. Dan ga kredibel juga narsumnya karna yg mau gue angkat mitos talas bogor, kalo di bawa ke Jakarta tuh basi wkwkwkw. Itu kan gue harus wawancara ahli gizi dan kesehatan jg ya ga sih????

Intinya tuh ya gua baru keluar dari kamar tuh jam 16. 45. Gua lari ngebut mau ngeprint. Karna harus di print dulu. Bukan soft copy aja. Asli itu mah gua sambal bawa-bawa laptop. Bodo amat dah orang-orang mau bilang apa. Selama ngantri gua juga masih ngetik guys, tanpa liat catetan lagi, gua bener-bener liat catetan awal-awal doang. Emang the power of kepepet ya. Otak gua lancer aja gitu, jari-jari gua juga ngetik lancer jaya aja. Sampe pada akhirnya pas di print.
BOOM!

Hasil print-out-an gua kaya ketikan copas-an guys! Bener-bener kaya copas. Kaget gua asli. Mau nangis di situ takut di kira copas. COPAS DARI MANA YA ALLAH☹ sumpah dah itu isinya bener-bener hasil wawancara gua sama Haryat. gua bener-bener ngetik, ga ada yang dari internet sama sekali. Kata temen-temen gue yang lain, tulisan gua banyak yang salah ntah itu dari eja-annya atau tanda bacanya makanya jadinya kaya gitu pas di print. Tapi sumpah, gua ga ngerasa salah dah☹ (bukan sok ni atau sombong) tapi kalo pun iya, ga sampe jadi merah gitu dong tulisan gue beberapa paragraph dan bahkan ada beberapa kalimat yg ke coret sendiri.

Akhirnya gua biarin yg lain dulu tuh ngeprint, tulisan gua di urus pak imam, jadi tuh ternyata harus di copy dulu baru di print. Copy-nya bener2 diblock tulisannya baru buat page baru, jadi bukan copy file wordnya yang udah jadi. MAKASIH YA PAK. Terbaiq bapak.
Nah yaudah tuh guys, terus gua sempet ngobrol-ngobrol dulu sama Pak Suradi narasumber penulisan artikel, awalnya Pak suradi yang nanya gua dari kampus mana. Kayanya doi liat almet w. gue udah tau sebenenrya sama apa yang beliau certain semua, orang gua follow-followan sama bu ning gimana gua ga tau soal anak-anaknya☹

keren banget sih parah, keluarga keren dah pokoknya. Masa depan sukses semua fix. Salut. Sebenernya gue mau nanya ke Pak suradi dari pas hari pertama, pas beliau abis ngasih materi, tapi rame banget cuy. Ga ajdi nanya lah gua. Gu sebenernya Cuma mau nanya sih berapa kata minimalnya HAHAHA. Iya itu doang yang mau gua tanyain,gua juga mau nanya soal reporter sih, soal masa depan gue, soal jurnalistik deh intinya. Tapi karna ngantri banget, yaudah gua males. Gua ga jadi nanya. Udah ngantuk banget juga gua. Kan ga tidur h-1 berangkat☹ gua udah manggil mimi padahal, biar dia juga bisa dengerin jawaban Pak Suradi soalnya ini tentang masa depan kita berdua, dua mahasiswi jurnalistik yang masih galau harus apa ketika lulus. Simpe sih sebenernya, lanjut S1 apa kerja. Soalnya kampus gua D3 men☹ bukan s1. Huhuhu sedih banget asli.


Sedangkan seorang reporter hampir semuanya kayanya gue baca  persyaratannya harus S1☹ ortu gue juga nyaranin S1 dulu sihh.
Nah oke guys, sebenernya gue di hari pertama udah drama banget. Jadi buku catetan gua ilang! Lebih tepatnya itu buku gratisan dari hotel seruni-nya sih. Tapi si halaman kedua tuh ada curhatan gua. Tapi gua kaya malu banget gitu deh. Gua panik banget pas buku gua ilang, mau nangis asli. Mau nangis sejadi-jadinya. Tanya mimi. Dan gua beneran nangis dongg☹ di kamar gua langsung nangis, kejer. Karna gua nanya di group soal catetan gue ga ada yang respon, ada sih tapi malah ada yang becanda, dan ada juga yang ga liat atau ga kebawa.

Gua tuh ingetnya curhatan gua ada di halaman pertama. Udah malu banget gua parahh. Gua sampe bilang di group itu privacy. Jangan dibuka. Wkwkwk. Sampe pada akhirnya tiba2 ada yg chat gue.Namanya wanda. Iya dia yang duduk sebelah gue, ternyata buku gue kebawa dia. Hhh! Lega gue rasanya. Itu udah jam setengah 12 malem. Gue lari-larian dari lantai 2 ke lantai 1. Kamar gue paling pojok btw. Serem? Yes! Gua anaknya penakut bgt btw. Gua lari-larian dong sambal nelfon Agoy. Bodo amat dah, yg penting gua ga sendirian, masih ada temen di telfon. Untung tu anak belum tidur. terbaiq emang lo hahaha.selalu ada di saat gue butuh. dan kayanya. gue emg dateng ke dia kalo butuh doang dah. parah emang gua. WKWKW MAAF YA GOY. lol

Gua lega banget lah pas bukunya balik lagi ke gua, di situ bukan curhatan aja sih tapi juga catetan selama Pak Suradi ngomong. Tapi gua pasti bakal kepikiran terus kalo bukunya masih ga tau ada dimana. Soalnya, isinya tuh ya… malu banget asli. Oke ditulisan gua kali ini gua akan kasih tau apa isinya. Jadi tuh gua anaknya suka banget ya core-coret buku, nulis-nulis apa yng ada di otak gue saat itu juga, nah pas itu gua tuh kaya ngerasa takut kalo kalah. Soalnya 2 tahun berturut-turut kampus gua menang. Dan Pak Hans juga udah bilang “soalnya 2 tahun berutur-turrut kampus kita menang, semoga aja kalian berdua dua-duanya juara satu” langsung lah gua ngerasa beban☹ sebenernya bukan itu aja sih yang ngebuat gue pengen banget jadi juara. Tapi karna 2 bulan lalu, 15 mei 2018, gua abis melakukan suatu kesalahan di kampus. Jadi gua di kampus emang sering banget jadi pembawa acara alias master of ceremony (MC).

Nah, 15 Mei 2018 tuh ada kuliah umum sama Pak Geri, orang kemenkominfo. Tadinya bukan pak geri narsumnya tapi staf ahlinya nah sebelum diganti jadi staf ahlinya bahkan narsumnya tuh Pak Rudiantara, menkominfo. Nah yaudah gua MC-nya kan. Tapi pas itu gue ga tau kenapa gua ngeblank banget, kayanya gara-gara gue belum makan dari kemarin deh dan juga belum tidur. Gua sering banget begadang. Apalagi kalo ada sesuatu gitu, nah menurut gue membawakan acara dan ada pak menkominfo itu suatu achievement bagi diri gue.

 TAPI GUE MALAH GA BISA TIDUR GUYS.
Dan gua juga belum briefing sama orang kampus. Itu fatalnya. Fatal banget malah kata gue. Belum tau susunan acaranya apa, siapa aja yg sambutan, dll. Gua lupa nyuruh dirut gue alias Pak Eduard sambutan dong, lupa nyuruh naik ke atas panggung tapi langsung nyuruh narsumnya naik ke atas panggung. Sampe-sampe pas narsumnya udah naik, pak eduard negur gue gitu “eh mba? Bukannya saya dulu ya? Sambutan” bah asli. Malu bgt. Shocked sih lebih tepatnya. Disitu gua langsung buyar semua-mua. Pengen menghilang asli. Pengen ganti muka, ganti nama, GANTI DIRI BAHKAN. GA MAU JADI RIFA. SAPE TUH RIFA. BUKAN GUA.

Oke balik lagi, kenapa gua pengen banget juara selain karna ga mau ngerasa bersalah sama kampus, yaitu karna, ingin memperbaiki nama gua lagi di kampus☹ menurut gua itu udah fatal banget sih. Sampe-sampe beberapa orang indosiar kaya nanyain gitu☹ “banyak belajar lagi yaa”

Huhu iya pak maaf ya pak. Dan yang bikin gue jadi tertamvar tuh ya, jadi pas itu kan gua besoknya ada tugas kuliah tuh, terus rekamannya ada di hp temen gua si nisa tapi dia ga ada kuota, yaudah gua ke kampus lagi lah padahal gua uda sampe simprug. Udah mau sampe rumah guys:’) demi tugas. Nah pas lagi sama nisa, tiba-tiba ada dosen produksi bilang gini ke gua “eh ini rifa bukan sih” terus kata temen gua, anak produksi juga “iya rifa pak” terus kata dosennya “rifa stress” dia kira tuh gua lagi stress gitu loh mikirin kejadian tadi siang, yang gua salah pas nge-mc. Karna emang gua lagi megangin kepala gua tapi itu gue juga lagi kepikiran tugas gue yang belum. Itu udah malem gitu posisinya. Pas di halte indosiar juga gue ketemu dosen gue. Beliau ngajar gue pas semester dua. Terus tiba-tiba beliau meluk gue, bilang “kamu keren rifa, you did a good job” huff.

 Bohong banget orang gua salah banget☹ ya gua tau sih itu dosen gua tetep memotivasi gua biar gua tetep semangat dan ga putus asa. Asli pas itu sebenernya gua udah putus asa tuh gua udah gam mau nge-mc lagi. Padahal gue udah sering banget bawain acara☹ ulang tahun kampus 2017 juga gue sama adit, Cuma pas ultah kampus 2018 adit ga sama gue soalnya pas itu gue ga ada baju buat nge-mc sumpah. Pas itu gua ngekos dan besoknya gua harus nge-mc untuk workshop ABJ, ukm jurnalistik di kampus gua. Hahaha lebay ya gue Cuma karna gatau mau pake baju apa. Abisnya di kosan dikit doang bajunya, ohya gua sempet ngekos tapi 2 bulan doang. Soalnya tuh ya..

kosan gua ga nyaman banget lah, emang harus ditinggalin. Masa suka mati lampu. Airnya ditadahin jadi kalo kita nyalain keran airnya, ga akan nyala guys, dan yang paling parah gua pernah di tegor dong gara-gara gua ngecas laptop tengah malem, katanya gara-gara gua ngecas laptop tengah malem, jadi mati ac-nya si bapak kosan. Hadeu. Pelit beneur. Gue bayar kaleee.

Nah yaudah, itu kan bulan mei ya, beberapa hari kemudian puasa dan salah satu ukm di kampus namanya bropela, broadcast pecinta alam ngadain acara santunan anak yatim gitu sekalian buka bersama dan pas itu gua sama adit mc-nya. Bodo amat lah gua disitu bener-bener lupain kesalahan gue. Sebenernya sulit sih untuk dilupain, karna pas itu jadi ada beberapa dosen yang tadinya ga kenal gue tapi jadi tau gue karna gue melakukan kesalahan itu☹ “eh kamu rifa ya, yang nge-mc itu” ☹ padahal mah dosen itu ada, pas gue nge-mc di heriko award ataupun bantuin tugas akhir anak produksi tv semester 6. Itu gua masih semester 1 sih, 2x. tapi emangnya muka gua berubah apa? Pas semester 2 juga pernah kok padahal jadi mc acara produksi tv semester atas. Huhu.

Tapi mereka semua ga inget gue☹ ingetnya Rifa yang melakukan kesalahan pas kuliah umum sama kemenkominfo.
Setelah nge-mc acara bropela berbagi, gue nge-mc di indosiar berbagi juga tuh, ada Pak Imam Sujarwo, dirut Indosiar, tapi ga ada Pak Eduard sih. Mungkin indosiar berbagi kemarin adalah acara terakhir yang gue bawain acaranya? Hmm I dunno. Ga tau juga sih, lets see. Semua orang punya mimpi. Siapa yang mau jadi kaya merry riana? Mbak najwa shihab? Atau Andy-nya Kick Andy? Siapa yang ga mau jadi kaya mbak rosi? gue bersyukur banget sih, gue bisa terjun di dunia yang sekarang gue tekunin ini dan gue terjunnya by accident.

 Bukan karna gue pengen kuliah di jurusan komunikasi dari SMA, bukan karna gue pengen jadi reporter atau kerja di dunia pertelevisian, bukan juga karna gue suka ngomong di depan umum gue pengen jadi reporter. Bukan. Ini semua karna gue ga daoet PTN dan semua perguruan tinggi swasta udah tutup. Gue daftar di kampus atvi tuh udah gelombang terakhir deh gelombang 6 kali ya? awal agustus gue baru daftar sedangkan 18 agustus udah kuliah perdana. Lupa gue diantara gelombang 5 apa 6.


Kenapa gue mau kuliah di situ? Karna gue langsung liat matkulnya sob! Dan pas itu gue liat dua-duanya, matkul produksi tv dan jurnalistik tv. Wah, gua makasih deh sama matkul produksi. Kayanya gua sekarang kuliah gam au yang g ague bisa deh. Bodo amat deh gue menolak sukses kek menolak bisa menolak belajar kek apa kek, karna gua udah cukup lah terjun di dunia yang sebenernya gue ga suka. Gue udah cukup  kesiksa 3 taun sekolah di jurusan ipa. Di 34 lagi sekolahnya. Pernah dapet nilai 2 gua asli. Pelajaran mtk mia (matematika ilmu alam). Ya bukan gua doang si, ada juga, (basis goblok) (maaf kasar) (tapi eang kayanya gue pantes deh dibilang bodoh) hahaha. Iya gue seinsecure itu sama diri gue sendiri.

Gue semalu itu sama diri gue sendiri karna ga masuk PTN. Se-merasa terbuang itu. 90% temen SMA gue masuk PTN deh kayanya dan PTN-nya PTN ternama semua, UI, ITB, UGM, Unpad, Undip, ITS, UNS. Lah gua masuk swasta sendiri. Ada sih yg di swasta, di binus, UMN. Sebenernya gue hamper masuk Binus karna bokap gue dapet pemotongan uang kuliah gitu, ga ngerti gua kenapa wkwkw kayanya gara-gara kantornya. Nah tapi tetep aja cuy mahal yang tekniknya.


Oiya btw karna gua ipa gua pengen banget masuk Teknik industry, sebenernya bokap gua yang nge-recommend sih. Gua pernah daftar PBOS UGM kehutanan tapi gagal cuy, ITS sama UNS yang pake nilai SBM juga gagal, test Undip juga gagal, Simak UI juga. Gila bodoh banget gak sih gue?  Rasanya tuh gua mau menghilang aja dari dunia ini. Gua sampe-sampe delete semua foto di ig gue. Ga ada yang tersisa satu pun. Gak kuat liat ig. Isinya temen-temen seangkatan yang masuk PTN ternama semua, jalur SNMPTN undangan aja banyak banget. Iya emang SMA gue banyak banget yang dapet SNMPTN dan PPKB. Btw gua ga daftar PPKB. Gua inget hari dimana orang-orang keterima PPKB, itu pas lagi di inten. Dan gua bahagia, teman-teman baik gua yang pada keterima PTN.

Kaya lulu misalnya. Dia keterima sasing (sastra Inggris) UI. Gua masih inget percakapan dia sama gue di bis sekolah. Dia bilang mau masuk sassing UI terus gua amin-aminin aja yak an. Ehh keterima beneran alhamdulillah walaupun sekarang anaknya pengen banget masuk komunikasi sih. Dia tiba-tiba kaya cinta gitu sama semua pekerjaan yang dari rumpun ilmu omunikasi, yang gua jalanin sekarang ini.
Ohya sebenernya gua ikut SBMPTN lagi tahun 2017 pilih FHUI tapi ga lolos HEHE. Yaudah alhamdulillah, kalo lolos, ya gua di UI sekarang. Ya alhamdulillah juga sih. FHUI itu sebenernya mimpi gue, dari kelas 10 awal hahaha.

 Tapi gue masuknya IPA, sebenernya ortu gue udah nyuruh gue pindah ke IPS aja sih, tapi yaa karna gengsi HAHA jujur ya di 34 tuh hamper semua orang mau masuk IPA, kaya, ips tuh isinya anak-anak yang bangor (beberaoa doang sih 1,2 orang) ga semua. Banyak anak-anak pinter di IPS. Banyak banget. Yang dari SMP 85, 41. Walaa. Udah pinter akademik, non akademik juga.

Wah keren deh. Sebenernya pas itu gue berdoa sih sebelum test peminatan, apapun hasilnya berarti itu yang terbaik buat gua. Soalnya gua inget test peminatan di 34 tuh ga sekali tapi dua kali apa tiga kali ya? Dan hampir semua orang mau masuk IPA. Iya gue menyesal masuk IPA. GUA BODOH BANGET MEN MTKNYA. PADAHAL GUA SUKA BANGET MTK PAS SD DAN SMP. Nilai ujian gua bagus men mtknya SD dan SMP. Lah SMA???????? Kenapa gua bodoh banget yaa. Hahahaha yaudah just forget it.


Sebenernya gue juga ga bisa bagi waktu gue sih pas di SMA. Gue ikut padus dulu, dan padus di SMA gue bisa dibilang ekskul yang sering menyumbangankan prestasi untuk sekolah. Prestasinya udah tingkat nasional, lombanya bukan yang ecek-ecek lagi. Tapi gua tuh malu sama suara gua sendiri hahhaha gua ngarasa gak pede aja makanya mungkin orang-orang ga pernah denger gua nyanyi sendiri kali ya ntah itu ngecover lagu ataupun isi acara di sekolah.

Ya walaupun suara gua ancur tapi gua sering ikut lomba:’) cum NFF UI yang ga gua ikut, ga lolos audisi gua pas itu. Wkkw iya gimana mau lolos, gua bolos muluu. Lagian ekskulnya hari sabtu, mager banget asli. Ohya gua bukan tipe anak yang rajin sekolah. Dari SD HAHAHA. Kalo sd mah gara-gara sakit, SMP sering sekolah. Ga sakit-sakitan gua kaya pas SD.

(To be continued) akan aku lanjutin nanti ya guys. Hehe. sengaha biar seru (biar penasaran dulu kaya di sinetron-sinetron)
(alah alasan aja kau Rif) (bilang aja masih mikir di post apa engga selanjutnya) ini aja dari tanggal 8Juli loh sebenernya gue nulisnya

Comments

Popular posts from this blog

Kain Songket

Cerita Tentang Kacamata

Apa itu Jurnalisme Investigasi?